jump to navigation

Mencegah Virus Dari Flashdisk Menginfeksi Komputer Kita Februari 17, 2009

Posted by rvd1 in software, Tips dan Trik.
trackback

Flashdisk merupakan salah satu media yang paling banyak digunakan dalam penyebaran virus. Pada waktu kita memasukkan flashdisk ke USB komputer kita, maka secara default windows akan langsung membuka task baru dengan fungsi Auto play. Banyak sekali virus yang menggunakan fungsi Auto Play ini untuk menyebarkan diri mereka dan kemudian menginfeksi komputer kita. Disini kita akan berusaha untuk meminimalisir virus masuk ke dalam komputer kita dengan cara meng-nonaktifkan fungsi Auto Play tersebut.

Berikut caranya :
– Klik Start –> run “gpedit.msc”
– Pilih Computer Configuration –> Administrative Templates
– Lalu Pilih System, cari file Turn Off Auto Play dan klik double
– Lalu centang pilihan enabled dan Turn Off Auto Play pilih All Drive
– Lalu klik OK, Tutup dan restart

Cara lain untuk meminimalisir virus masuk ke dalam komputer adalah dengan cara mengaktifkan user Guest dan selalu login dengan user guest tersebut.
Karena dengan user Guest maka secara tidak langsung kita akan mematikan fungsi registry, karena Virus akan selalu manginfeksi file registry ini dan merubah value di dalamnya.
Anda juga dapat meminimalisir virus masuk ke dalam komputer dengan selalu mengupdate anti virus secara rutin.

Komentar»

1. misbahul munir - Februari 17, 2009

Komputer w sering kena virus tuh. . .
Gra2 fd. . .
Tapi w diemin aja. . .
Mank dmpak virus apa aja mas?

Virus secara umum memiliki cara kerja yang relatif sama yaitu:1. Kemampuan untuk mendapatkan sebuah informasi2. Kemampuan untuk memeriksa suatu file3. Kemampuan untuk menggandakan dan menularkan diri4. Kemampuan dalam melakukan manipulasi5. Kemampuan untuk menyembunyikan diri.Virus dalam mendapatkan sebuah informasi dari daftar file yang ada dalam suatudirectory. Lalu virus tersebut mencari file-file yang bisa ditulari, saat pemakaimembuka program atau file yang sudah terinfeksi oleh virus tersebut maka data yangdibutuhkan oleh virus tercipta. Virus biasanya melakukan pengumpulan data danmenyimpannya di RAM, sehingga apabila komputer dimatikan data tersebut akanhilang. Dan data tersebut akan tercipta kembali saat komputer dihidupkan, biasanyadata-data tersebut disimpan sebagai hidden file oleh virus.Virus sebelum melakukan penularan ia akan memeriksa file yang akanditumpanginya. Hal ini tidak jauh berbeda dengan perilaku virus pada tubuh manusia.Secara umum virus akan memberikan suatu tanda pada file atau program yang telahterinfeksi sehingga mudah dikenali oleh virus tersebut. Seperti memberikan suatu byteatau tanggal pembuatan yang unik bagi setiap file yang telah terinfeksi.
Page 5
5Proses penggandaan diri yang dilakukan oleh virus setelah memberikan suatutanda pada file dilanjutkan dengan menuliskan kode objek virus pada file yang sudahdiperiksa. Proses penggandaan secara umum dilakukan dengan cara menghapus ataumengubah file inang lalu terciptalah suatu file yang berisi program virus denganmenggunakan nama asli atau dengan cara menumpang pada file yang sudah terinfeksi.Memanipulasi suatu file yang sudah terinfeksi dapat membahayakan komputeryang akhirnya dapat merusak suatu komputer. Seperti contoh virus CIH pada tahun1998 yang menyebabkan kerusakan yang hanya dapat diatasi dengan mengganti /memperbaiki komponen hardware. Kegiatan memanipulasi ini pada umumnya memilikitujuan untuk mempopulerkan nama sipembuat virus.Kemampuan lain yang dimiliki oleh sebuah virus adalah kemampuan untukmenyembunyikan diri. Dengan cara ini virus disimpan dalam bentuk kode mesin dandigabung dengan program lain, meletakkan program pada Boot Record atau track padasebuah disk. Program dibuat sependek mungkin agar file yang sudah terinfeksi tidakberubah ukurannya secara signifikan.Seperti pada umumnya virus dalam dunia kedokteran, virus komputer jugamemiliki siklus hidup yang secara umum dibagi menjadi 4 tahap, yaitu1. fase istirahat umumnya virus menentukan tanggal atau waktu untukmengaktifkan virus pada komputer2. fase penyebaran, pada umumnya virus melakukan replikasi diri denganmenggandakan dirinya dalam suatu program ke sebuah tempat di mediapenyimpanan (hardisk, RAM, Disket, dsb.)3. fase aktif, pada fase ini virus akan mengaktifkan diri4. fase eksekusi, pada fase ini virus yang telah aktif mulai melakukan kegiatannya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: